Minggu, 05 Februari 2012

SKENARIO (TRANSKRIP) PEMB. RELASI


SKENARIO PEMBELAJARAN

Pokok Bahasan : Relasi


Guru           :  Selamat Pagi anak-anak (Guru menyapa siswanya dengan ramah)
Siswa         :  Selamat Pagi Bu....
Guru           : Bagaimana, ada yang tidak hadir hari ini?
Siswa         :  Tidak Bu......
Guru           : Baiklah, kalau tidak ada , ibu akan lanjutkan ke materi.
                      Hari ini kita akan mempelajari tentang Relasi (Guru menulis : ”Relasi” di papan tulis). Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah untuk mengetahui pengertian relasi dan dapat menyatakan relasi dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan. (Guru menulis tujuan pembelajaran di papan tulis). Sebelum kita mempelajari relasi terlebih dahulu Ibu ingin mengetahui apakah ada diantara kalian ada yang masih ingat tentang pengertian himpunan?
                      (Suasana hening sebentar lalu beberapa siswa mengangkat tangannya)
                      Ya coba aridewi...(Guru menunjuk ke arah aridewi)
Aridewi      : Himpunan adalah kumpulan suatu objek.
Guru           :  Ya bagus..(guru mengangguk – anggukkan kepala), jawaban aridewi sudah mendekati benar. Ada yang mau menyempurnakan lagi?
                      (Beberapa siswa  mengangkat tangan)
                      Ya coba Yuda....(Guru menunjuk ke arah Yuda)
Yuda          :  Himpunan adalah kumpulan benda – benda atau objek yang mempunyai definisi.
Guru           :  Iya bagus Yuda...(Guru mengangguk – anggukkan kepala sambil tersenyum ke arah Yuda). Jawaban yang disampaikan Yuda sudah tepat.
                      Ibu amati, disini sebagian besar tampaknya sudah benar – benar memahami tentang himpunan. (Guru mengarahkan pandangan ke semua siswa). Perlu kalian ketahui, materi himpunan ini, nanti akan banyak digunakan dalam materi Relasi yang akan kita pelajari sekarang. Adapun materi relasi ini nantinya akan banyak penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Ada yang bisa membantu ibu, memberikan contoh penerapan relasi dalam kehidupan sehari – hari? (Suasana hening sejenak, kemudian Eka mengangkat tangan).  Coba Eka, apa contohnya? (Guru memandang ke arah eka)
Eka             :  Misalnya, dalam menentukan kegemaran atau hobi yang dimiliki beberapa siswa dapat menggunakan relasi.
Guru           :  Iya bagus sekali eka..(Guru tersenyum ke arah Eka). Nah itu salah satu contoh relasi dan ibu yakin kalian pasti masih punya banyak contoh – contoh yang lain! Nah, untuk memahami materi tentang relasi, disini sudah ibu sediakan LKS. Silakan kalian kerjakan LKS ini. Ini dikerjakan berkelompok ya? Gunakan kelompok pada pertemuan minggu lalu yang telah dibentuk. (Guru membagikan LKS pada semua kelompok, dan suasana tampak gaduh).
                      Tolong kalian perhatikan, dalam mengerjakan LKS ini silakan kalian ikuti petunjuk yang ada pada LKS dan diskusikan dengan temannya. Sebelumya kalian tulis dulu nama kelompok di pojok kanan atas. Silakan dikerjakan, Ibu berikan waktu 10 menit!
                      (Guru memantau diskusi masing – masing kelompok dan membimbing mereka menuju jawaban yang diinginkan)
Karma        :  Bu, kami belum mengerti mengenai soal nomor 2a
Guru           :  (Guru menuju ke tempat kelompok Karma). Nah disini artinya anggota himpunan A dan anggota himpunan B relasinya dinyatakan dalam diagram panah. Misalnya ambil anggota himpunan A (Andi) dan anggota himpunan B (Basket) dan relasinya kan sudah diketahui ”Gemar Bermain”. Jadi nanti Andi dipasangkan dengan basket dan dihubungkan dengan tanda panah. Begitu juga yang seterusnya.(Siswa menyimak dengan baik informasi yang diberikan oleh guru). Bagaimana bisa dimengerti?(Guru mengarahkan pandangan ke semua anggota kelompok tersebut).
Karma        :  Bisa Bu. (Guru melanjutkan memantau diskusi ke kelompok lain.)
                      ( setelah 10 menit berlalu)
Guru           : Bagaimana anak – anak sudah selesai? Waktunya sudah habis.
Siswa         :  Sudah Bu....
Guru           :  Baik jika sudah, sekarang Ibu minta perwakilan masing – masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan! Sebelum Ibu tunjuk, kelompok siapa yang mau maju pertama?
                      (Guru mengarahkan pandangan pada semua siswa. Namun semua siswa diam, tidak ada yang mau maju duluan)
                      Baik jika tidak ada yang mau, Ibu tunjuk ya? (Sambil guru mengamati kelompok mana yang sudah siap)
                      Ya coba perwakilan kelompok Desak, kerjakan soal no 1! (Ketika desak maju, guru berpindah posisi ke belakang)
Desak         :  (Mengerjakan hasil diskusi tentang pengertian relasi) 
Guru           :  Yang lain tolong perhatikan pekerjaan temannya di depan ya?
Desak         :  (Beberapa saat kemudian, Desak telah selesai mengerjakan di papan). Sudah Bu..
Guru           :  Ya coba Desak, bisa jelaskan sedikit kepada teman – temannya bagaimana prosesnya sehingga mendapatkan jawaban seperti itu!
Desak         :  (Menjelaskan jawaban yang dibuat)
Guru           :  (Selesai Desak menjelaskan, Guru berpindah ke depan lagi). Nah itu penjelasan dari desak, Bagaimana yang lain, apa ada yang memiliki jawaban berbeda atau ada yang mau menanggapi jawaban Desak? (Guru menatap semua siswa)
Siswa         :  (Semua siswa diam, menandakan jawaban mereka sama)
Guru           : Baiklah jika tidak ada, silakan duduk desak (Guru tersenyum pada desak), jawabannya sudah benar. Berikan tepuk tangan buat desak dan kelompoknya.
 (Guru dan siswa memberi tepuk tangan pada desak dan kelompoknya).
Guru           :  Nah selanjutnya soal yang terakhir, kelompok siapa yang sudah siap maju? (Guru mengarahkan pandangan pada kelompok Dewa, karena Dewa mengangkat tangan)
                      Ya coba kelompok Dewa! (Ketika Dewa maju, guru berpindah ke belakang lagi).
                      (Dewa menuliskan jawabannya di papan dan siswa lain tampak kurang memperhatikan).
Guru           :  Yang lain tolong fokuskan perhatiaannya ke depan, amati pekerjaan temannya. (Siswa mulai memfokuskan perhatian ke arah Dewa)
Dewa         : Sudah Bu...
Guru           : (Guru berjalan ke depan). Ya coba Dewa jelaskan kepada teman – temannya bagaimana cara – cara mendapatkan jawabannya!
                      (Dewa menjelaskan jawabannya, dan beberapa saat kemudian, Dewa sudah selesai menjelaskan). Bagaimana Dewa, sudah selesai?
Dewa         : Sudah Bu..       
Guru           :  Nah itu penjelasan dari Dewa, Bagaimana yang lain ada yang menemukan jawaban berbeda atau ada yang ingin memberikan tanggapan? (Guru menatap semua siswa dan semua siswa tidak ada yang mengangkat tangan, tandanya semua siswa mempunyai jawaban yang sama)                      
                      Baiklah jika tidak ada, silakan duduk Dewa, jawabannya sudah benar sekali! Berikan tepuk tangan buat Dewa dan kelompoknya!
                      (Guru dan siswa memberikan tepuk tangan kepada kelompok Dewa)
Nah semua soal sudah terselesaikan, sekarang siapa yang bisa membantu ibu menyimpulkan mengenai pelajaran kita hari ini? (Apriani mengangkat tangan). Coba Apriani. (Guru menunjuk ke arah apriani)
Apriani       :  Simpulannya adalah relasi merupakan suatu aturan yang memasangkan anggota himpunan A ke himpunan B dan relasi dapat dinyatakan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan.
Guru           :  Bagus sekali Apriani!(Guru tersenyum ke arah apriani). Memang benar yang disampaikan teman kalian dan sekali lagi Ibu tekankan, (Guru menyampaikan dengan suara tegas), dalam setiap relasi harus terdapat aturan yang memasangkan anggota – anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.
                      Bagaimana, ada yang belum jelas tentang materi relasi ini? Jika ada, silakan disampaikan, Ibu berikan kesempatan untuk bertanya!
                      (Guru mengarahkan pandangan kepada semua siswa, namun siswa hanya diam, menundukkan kepala).
                      Baiklah jika tidak ada, sekarang Ibu ingin mengetahui sejauhmana pemahaman kalian tentang materi ini. Untuk itu, silakan atur tempat duduknya dan keluarkan kertas satu lembar, Ibu akan berikan kuis !
Siswa         :  Yaaa..... belum siap Bu...(Suasana menjadi gaduh )
Guru           : (Berusaha menenangkan siswanya). Kalian tenang saja, soal kuisnya tidak sulit, jika tadi kalian mengikuti pelajaran dengan baik, pasti kalian semua bisa jawab! (Guru membagikan soal kepada siswa).
                      Soal ini silakan kalian kerjakan secara individu ya? Ibu berikan waktu 5 menit! (Guru memantau siswa dalam mengerjakan kuis)
                      (Setelah 5 menit berlalu)
Guru           : Baiklah anak – anak waktunya sudah habis, silakan dikumpul !
Siswa         :  (Suasana semakin gaduh). Belum selesai Bu...
Guru        :  Ya.., selesai tidak selesai silakan dikumpul. (Guru mengambil lembar jawaban siswa , lalu mengamati sepintas jawaban yang dibuat siswa).
Ya sepintas Ibu amati tampaknya, jawaban kalian sudah banyak yang benar . Hasilnya Ibu akan bagikan minggu depan!
Untuk latihan dirumah , kalian kerjakan soal di buku halaman 23 – 24 ya. (Siswa menandai tugas yang diberikan guru). Bagaimana sudah jelas?
Siswa         :  Sudah Bu....(Suasana di kelas semakin gaduh)
Guru           : Baiklah jika sudah, untuk pertemuan kali ini, Ibu cukupkan sampai disini.   Selamat Siang......(Guru meninggalkan kelas)
Siswa         :  Siang Bu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar