Rabu, 30 Mei 2012

MACAM ALAT EVALUASI MENURUT PEMBUATNYA


Ditinjau dari pembuatnya, alat evaluasi dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu Alat Evaluasi Buatan Guru dan Alat Evaluasi Terstandar.
1)      Alat Evaluasi Buatan Guru
Telah  diungkapkan sebelumnya bahwa salah satu komponen satuan pelajaran yang harus dibuat guru sebelum mengajar  adalah alat evaluasi, dalam hal ini berupa tes (kognitif). Tes tersebut termasuk ke dalam jenis alat evaluasi  yang dibuat oleh guru. Tes lain yang biasanya dibuat oleh guru tes akhir semester.  Alat evaluasi yang dapat dibuat oleh guru tidak terbatas bidang afektif. Dengan demikian alat evaluasi buatan guru adalh alat evaluasi yang sengaja dibuat oleh guru, baik tes maupun non-tes, yang dipergunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam daerah kognitif, afektif, atau psikomotorik.

Ciri-ciri alat evaluasi buatan guru antara lain:
a.       Evaluasi (tes) buatan guru disusun berdasarkan atas bahn dan tujuan instruksional khusus (TIK) yang telah dirumuskan oleh guru dalam satuan pelajaran untuk kelas yang diajar oleh guru tersebut.
b.      Ruang lingkup evaluasi tersebut menyangkut pengetahuan atau keterampilan yang (relatif) sempit.
c.       Biasanya disusun oleh guru yang bersangkutan atau beberapa orang guru dalam bidang studi yang sama.
d.      Soal evaluasi jarang diujicobakan terlebih dahulu.
e.       Evaluasi ditujukan kepada siswa dalam kelompok yang terbats yang diajar oleh guru (guru-guru) tersebut.
Kegunaan  tes buatan guru antara lain bisa untuk menentukan penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran yang telah dipelajarinya dalam waktu tertentu, pengecekan tercapainya TIK,mendiagnosis kesulitan belajar, memberikan bimbingan, dan menentukan nilai siswa sebagai cermin prestasi belajarnya.

2) Alat Evaluasi Terstandar

Alat evaluasi terstandar atau alat evaluasi yang dibakukan (standardized) adalah alat evaluasi yang kualitasnya terjamin sehingga hasilnya mencerminkan keadaan kemampuan testi sebenarnya. Alat evaluasi ini derajat validitas dan reliabilitasnya memadai (tinggi). Begitu pula daya pembeda, tingkat pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitasnya memenuhi criteria kualitas soal evaluasi yang baik.
Suatu alat evaluasi terstandar sebelumnya telah melalui serangkaian uji-coba (try-out), analisis, dan revisi sehingga menghasilkan alat evaluasi yang benar-benar baik. Alat evaluasi ini biasanya dibuat khusus oleh para ahli (pakar) dalam disiplin ilmu masing-masing. Contoh alat evaluasi yang sudah terstandar adalah alat evaluasi yang sudah diujikan oleh para ahli psikologi (psikolog), misalnya Tes Intelegensi, Tes Bakat, dan Tes Minat. Tes ini sifatnya rahasia karena pelaksanaan dan pengolahan datanya tidak dapat dilaksanakan oleh orang lain yang bukan ahlinya. Materi tes ini mencakup hal-hal yang sifatnya pengetahuan umum yang memerlukan pola berpikir logic dan spontanitas.
Sampai saat ini alat evaluasi untuk matematika belum ada yang sudah dibakukan, baik tes (kognitif dan psikomotorik) maupun non tes (afektif), namun demikian tidak berarti semua alat evaluasi matematika tidak ada yang baik. Pada bagian lain buku ini akan dibicarakan mengenai cara penyusunan dan pembuatan alat evaluasi (tes dan non-tes) yang berkenaan dengan kualitasnya sehingga minimal mendekati kriteria kualitas soal yang baik. Pembicaraan mengenai hal ini akan dibahas secara teoretik melalui contoh-contoh dan analisisnya, latihan penyusunan dan pembuatan alat evaluasi dan diskusinya, serta uji-coba di lapangan untuk alat evaluasi yang telah dibuat.
Dari uraian di atas, alat evaluasi terstandar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Didasarkan atas bahan dan tujuan yang lebih luas ruang lingkupnya daripada tes buatan guru
b.      Disusun oleh para ahli dan biasanya merupakan tim
c.       Melalui serangkaian uji-coba sehingga criteria alat evaluasi yang baik dapat dipenuhi
d.      Prosedur yang ditempuh  biasanya adalah penyusunan pertimbangan (judgement), uji-coba, analisis, revisi, dan pengeditan.

5 komentar:

  1. Kunjungan dari YA!
    Addoohhh...:D
    Sorry...Templatenya kok berantakan gini..??
    Kq lebih luas kolom witged daripada kolom artikelnya..??
    Tapi gk apa-apalah, krn blog aku dulu gini jg koq...:D
    Salam kenal

    BalasHapus
  2. hahhaha,, iya...
    Blom sempet ngedit... :D

    BalasHapus